SEPEDA MOTOR KAWASAKI : KHI Siapkan W800 Edisi Pamungkas, Akhir Riwayat W Series

Kawasaki W800 Final Edition. (Overdrive.in)
02 Juni 2016 21:17 WIB Otomotif Share :

Sepeda motor Kawasaki W800 Final Edition menjadi penutup W Series.

Solopos.com, TOKYO – Belum jadi meluncur di Indonesia, sepeda motor Kawasaki W800 di Jepang malah sudah disiapkan versi Final Edition alias edisi pamungkas yang menjadi pertanda akhir riwayat keluarga W Series.

Kawasaki Heavy Industries (KHI) menghadirkan W800 Final Edition dalam warna spesial, yakni Candy Brown (cokelat) dan Candy Sunset (oranye). Produksinya dibuat terbatas dan hanya akan dipasarkan di benua Amerika serta Eropa mulai tahun depan.

Urusan dapur pacu, Kawasaki tetap mempertahankan mesin 773 cc V-Twin air cooled bertenaga 48 hp dan torsi 60 Nm dengan transmisi lima percepatan. Tetapi ada sejumlah perubahan yang diklaim membuat emisi yang dihasilkan lebih ramah lingkungan.

“Tidak mudah mengucapkan sayonara pada teman lama. Tetapi kami yakin W800 Final Edition ini hal yang pantas untuk mengakhiri pejalanan panjang model W Series,” ungkap Corporate Planning Director Kawasaki, Morihiro Ikoma sebagaimana dilansir laman Overdrive, Kamis (2/6/2016).

Sejarah W Series dimulai ketika pabrikan berjuluk Geng Hijau itu meluncurkan Kawasaki W1 bermesin 650 cc pada 1966 silam. Produk itu merupakan motor empat tak bermesin besar pertama yang menandai kesuksesan Kawasaki di Amerika.

Pada 1998, KHI mewariskan marga W Series kepada Kawasaki W650 dengan basis mesin yang sama. Baru pada 2011 pabrikan yang bermarkas di Tokyo, Jepang itu melahirkan W800 yang menawarkan kapasitas mesin lebih besar.

Selain W800, embel-embel Final Edition sudah terlebih dahulu diberikan pada sepeda motor Kawasaki D-Tracker dan KLX Series. Alasannya sama, dua motor trail itu dihentikan produksinya lantaran mesinnya tidak mampu memenuhi standar emisi Euro 4.