SEPEDA MOTOR KONSEP: AS Kenalkan 2 Motor Tempur Siluman Khusus Militer

03 Juni 2016 11:39 WIB Otomotif Share :

Sepeda motor konsep itu bernama Silent Hawk dan Nightmare.

Solopos.com, WASHINGTON – Badan Riset Departemen Pertahanan Amerika Serikat (DARPA) memperkenalkan dua sepeda motor konsep yang didesain khusus untuk menunjang kemampuan tempur pasukan militer khusus US Special Forces.

Seperti dilansir laman Dailymail, Minggu (29/5/2016), dua sepeda motor konsep itu bernama Silent Hawk dan Nightmare. Masing-masing kendaraan siluman (stealth) itu diproduksi oleh perusahaan Logos Technologies dan LSA Autonomy.

Silent Hawk merupakan motor trail berbobot 158 kilogram dengan kemampuan jelajah 273 km dan memiliki top speed 128 km/jam. Mesin utamanya menggunakan tenaga listrik, sedangkan cadangannya dapat diisi dengan avtur, bensin, dan minyak zaitun.

Spesifikasi tersebut juga dimiliki oleh Nightmare namun dengan bobot lebih ringan 22 kilogram. Selayaknya kendaraan siluman, keduanya dapat diterjunkan dari pesawat terbang, berkamuflase, dan melaju dengan senyap di semua medan.

Untuk diketahui, Silent Hawk dan Nightmare dibangun dari basis motor balap tenaga listrik Red Shift MX besutan Alta Motors.

Sasis bawaannya masih dipertahankan namun urusan mesin serta fitur canggihnya, seluruhnya murni dikembangkan secara eksklusif oleh Logos dan LSA. Dua sepeda motor konsep itu diperkirakan rampung diproduksi 18 bulan mendatang.

Sebelumnya, US Spesial Forces menggunakan Zero MMX besutan Zero Motorcycle untuk tujuan serupa. Meski lebih ngebut, motor itu memiliki kelemahan yaitu hanya dibekali baterai listrik dengan daya tahan maksimum dua jam.

Tokopedia