TIPS OTOMOTIF: Xenia 1.300 Cc Ngelitik di Tanjakan, Wajar Tidak?

05 Juni 2016 12:45 WIB Otomotif Share :

Tips otomotif kali ini tentang Daihatsu Xenia ngelitik di tanjakan.

Solopos.com, SOLO  – Tidak sedikit pengguna mobil Daihatsu Xenia 1.300 cc lansiran 2012 yang mengeluhkan gejala engine knocking atau mesin ngelitik ketika melaju di jalan menanjak. Wajarkah hal itu terjadi? Lebih jelasnya simak tips otomotif berikut ini.

Menurut Technical Support Auto2000 Jakarta, Agus Mustafa mesin Xenia ngelitik ketika menanjak terjadi karena putaran mesin (rpm) yang kurang sesuai dengan kondisi jalan dan beban yang dibawa mobil, terlebih jika penumpangnya penuh.

“Kalau rpm di bawah 2.000 kerja mesin akan sangat berat, belum mampu mengimbangi tanjakan apalagi dalam kondisi macet ditambah lagi beban penumpang dan barang. Sehingga gejala ngelitik adalah wajar,” terang Agus sebagaimana dikutip Solopos.com dari laman Liputan6, Jumat (3/6/2016).

Agus memberi tips supaya Xenia tetap bisa menanjak tanpa terjadi ngelitik adalah dengan memainkan putaran mesin di atas 2.000 rpm. Pada mobil bertransmisi manual, akan lebih baik apabila memasukkan persneling pada posisi paling rendah.

Tetapi tips tersebut memiliki efek samping, yakni mesin akan meraung lebih keras dan mobil terasa bergetar. Kendati demikian, menurut Agus hal tersebut masih wajar.

Tetapi perlu diketahui, mesin ngelitik tidak selalu disebabkan oleh putaran mesin yang kurang pas ketika menanjak. Seperti dilansir laman How Stuff Work, itu juga bisa terjadi lantaran kualitas bahan bakar dan kandungan oktan (RON) lebih rendah dari yang dianjurkan pabrikan.

Faktor lain bisa karena busi yang sudah loyo atau menggunakan busi baru namun tidak sesuai spesifikasi mesin. Bisa juga karena injektor bahan bakar kotor, sil kadaluarsa, terdapat kerak pada ruang pembakaran, atau suhu mesin yang terlalu panas (overheat).