SEPEDA MOTOR YAMAHA: Mio M3 Usung Fitur Baru, Meluncur Setelah Lebaran

05 Juni 2016 10:10 WIB Otomotif Share :

Sepeda motor Yamaha Mio M3 dan Soul GT dibekali fitur mirip ISS Honda.

Solopos.com, SOLO – Setelah Mio Z, masih ada sejumlah sepeda motor lain yang akan diluncurkan PT Yamaha Indonesia (YIMM) tahun ini. Dua di antaranya disebut-sebut adalah versi penyegaran (facelift) dari skuter matik (skutik) Mio M3 dan Soul GT.

Berdasarkan bocoran yang didapat, pengamat otomotif Taufik Hiadayat dua skutik entry level Yamaha itu dipastikan mendapat warna dan corak (striping) baru. Sedangkan secara desain bodi, bentuknya masih sama seperti yang beredar saat ini.

YIMM juga akan menyematkan fitur baru bernama SSS yang disinyalir merupakan kependekan dari smart start stop, yakni fitur yang memungkinkan mesin mati otomatis ketika motor berhenti sejenak. Sekilas seperti idling stop system (ISS) pada skutik Honda.

“Kalau soal grafis dipastikan memang berubah. Tapi yang di-update YIMM sebenarnya adalah bagian fitur dan teknologi pendukung skutik Yamaha,” ungkap Taufik sebagaimana dikutip Solopos.com dari laman Tmcblog, Jumat (3/6/2016).

Terkait jadwal peluncurannya, Yamaha Mio M3 akan mengaspal terlebih dahulu setelah Lebaran 2016. Sedangkan saudaranya yang memiliki bodi lebih bongsor dirilis belakangan menjelang akhir tahun.

Prediksi itu dikuatkan oleh laman TPT Online yang sudah mengumumkan pemberian izin kepada YIMM untuk mulai memproduksi sepeda motor baru bermesin 125 cc sebanyak 81.000 unit per tahun. Sepeda motor berkode BN1 itu kuat dugaan adalah sosok Mio M3.

Tetapi melihat jumlah produksi yang tidak sampai 100.000 unit, kemungkinan besar sepeda motor Yamaha Mio M3 facelift diposisikan sebagai varian tertinggi untuk head to head dengan Honda Beat ISS.

Tokopedia