SEPEDA MOTOR HONDA: Pakai Alat Ini, Siswa SMK Bikin Scoopy Makin Irit BBM

08 Juni 2016 13:10 WIB Otomotif Share :

Sepeda motor Honda Scoopy makin irit dengat alat buatan siswa SMK.

Solopos.com, JAKARTA – Seorang siswa SMK sukses membuat konsumsi bahan bakar minyak (BBM) sepeda motor Honda Scoopy semakin irit. Itu berkat alat berbentuk kumparan yang menghasilkan gelombang elektromagnetik.

Tidak seperti yang beredar di pasar after market, alat penghemat BBM yang dipamerkan dalam kegiatan Uji Kompetensi Siswa yang digelar PT Astra Honda Motor (AHM) itu dapat dibuat secara mandiri dengan bahan-bahan yang mudah dijumpai.

“Bahannya cuma pelat seng, kawat email 0,01 mm seberat satu ons, resistor satu kilo ohm, dan lampu LED untuk indikator,” ungkap Ibnu Hafizh, siswa SMK Negeri 1 Bulakamba, Brebes di markas AHM Jakarta seperti dilansir laman Detik, Senin (6/6/2016).

Setelah dirakit, alat yang diberi nama Nebula X Power itu dipasang di saluran bensin antara fuel pump dan injektor. Sementara daya listriknya diambil dari aki. Ketika diaktifkan, gelombang elektromagnetik akan membuat hidrocarbon (HC) terinduksi dan molekulnya tertata lebih rapi sehingga terbakar lebih lama.

“Kalau biasanya satu liter bisa untuk 40 km, maka kalau menambah Nebula X Power rancangan kami ini bisa bertambah 10 km lagi,” terang Hafizh.

Terkait alat inovatif itu, pihak AHM mengatakan tidak menutup kemungkinan Nebula X Power akan diterapkan pada sepeda motor Honda. Meski begitu ada banyak proses yang harus dilewati, termasuk perizinan dari Honda di Jepang dan riset mendalam.

“Kami akan menggali kemampuan generasi muda barangkali ada teknologi yang bisa membuat fitur lebih baik. Semua ide bisa kami ajukan ke Honda Motor Co untuk diuji oleh pihak riset dan pengembangan,” papar GM Technical Service Division AHM, Wedijanto Widarso.

Tokopedia