TIPS OTOMOTIF: Sebelum Isi Angin Ban, Sebaiknya Lakukan Ini Dulu

08 Juni 2016 14:11 WIB Otomotif Share :

Tips otomotif kali ini tentang mengisi angin pada ban kendaraan.

Solopos.com, SOLO – Ada ritual khusus yang sebaiknya dilakukan sebelum mengisi angin ban pada sepeda motor maupun mobil. Kegiatan itu kerap disebut sebagai ritual buang angin. Lebih jelasnya simak tips otomotif berikut ini.

Tips ketika mengisi angin, sebaiknya tidak langsung mencolok selang pompa ke pentil ban. Alangkah lebih baik jika melakukan ritual buang angin. Tetapi itu bukan kentut, melainkan mengeluarkan angin dari dalam ban terlebih dahulu.

Menurut laman Liputan6, Senin (6/6/2016), angin dari dalam ban yang keluar dengan lancar menandakan seluruh bagian pentil ban dalam keadaan sehat. Sebab tidak jarang komponen kecil itu mampet karena debu, lumpur, dan karat yang menempel akibat dari pentil ban tidak ditutup.

Hal yang sama juga perlu dilakukan pada ban yang di dalamnya diisi dengan cairan antibocor. Meski pentil bannya ditutup rapat dan terhindar dari debu, cairan tersebut masih bisa mengering dan menyumbat saluran keluar masuk udara.

Selain itu menguras semua angin dalam ban dan menggantinya dengan angin baru juga memiliki dampak baik. Dikutip Solopos.com dari laman Welovehonda, itu membuat ban lebih awet, tidak mudah getas, serta mengurangi potensi bocor halus.