INDUSTRI OTOMOTIF : Nissan Didenda Rp3,9 Miliar

Nissan Qashqai. (Zigwheels.com)
09 Juni 2016 08:50 WIB Otomotif Share :

Industri otomotif Nissan di Korea Selatan terbukti melakukan skandal emisi.

Solopos.com, SEOUL – Industri otomotif Nissan Motors di Korea Selatan (Korsel) terbukti melakukan kecurangan dengan memanipulasi data jumlah emisi gas buang pada mobil crossover model Qashqai bermesin diesel.

Kementerian Lingkungan Korsel menemukan mobil Nissan Qashqai menghasilkan emisi berlebih pada saat suhu mesin di bawah 30 derajat celcius. Kadar emisi baru normal setelah suhu mesin mobil mencapai 35 derajat celcius atau sekitar 30 menit setelah mulai dinyalakan.

Atas bukti tersebut, sebagaimana dilansir laman Korea Times, Selasa (27/6/2016), Kementerian Lingkungan Korsel menjatuhkan denda sebesar 338,5 juta won atau sekitar Rp3,9 miliar kepada industri otomotif Nissan di Negeri Gingseng.

Selain denda, pabrikan asal Jepang itu juga diminta menarik (recall) 824 unit mobil Nissan Qashqai yang terdampak dan sudah dijual di Korsel sejak tahun lalu.

Sayangnya hingga saat ini belum ada konfirmasi langsung dari pihak Nissan terkait sanksi tersebut. Tetapi sebelumnya mereka pernah mengelak dan menegaskan bahwa tidak pernah melakukan kecurangan.

“Nissan Motor tidak pernah memanipulasi data pada kendaraan apapun yang kami produksi apalagi menggunakan perangkat curang seperti itu,” demikian isi siaran resmi Nissan Korsel yang dirilis 16 Mei lalu.