MOBIL JAGUAR : Si Antik XKSS Diproduksi Lagi, Dimahar Rp19 Miliar

Jaguar XKSS 1960. (Autoevolution.com)
11 Juni 2016 12:25 WIB Otomotif Share :

Mobil Jaguar model 1960 sudah sold out meski belum diproduksi.

Solopos.com, LONDON – Kabar gembira datang bagi pencinta mobil antik. Pabrikan otomotif Inggris, Jaguar Land Rover (JLR) rupanya berniat melanjutkan kembali produksi salah satu mobil klasiknya lansiran 1960 silam.

Mobil itu bernama Jaguar XKSS, yakni versi road legal yang dikembangkan dari basis mobil balap Jaguar D-Type. Sejatinya pabrikan berlambang hewan buas itu sudah berencana memproduksi mobil tersebut sebanyak 25 unit lebih dari setengah abad lalu.

Sayangnya di tengah proses produksi, pabriknya justru terbakar dan hanya menyisakan sembilan unit Jaguar XKSS dari 16 unit yang sudah rampung.
Kabar baiknya, seperti dilansir laman Autoevolution, Jumat (10/6/2016), JLR akan melanjutkan produksi 16 unit Jaguar XKSS yang belum diselesaikan mulai Juli. Karena merupakan mobil legendaris, maharnya pun fantastis mencapai US$1,5 juta atau sekitar 19,96 miliar.

Kendati demikian JLR mengumumkan seluruhnya sudah terpesan alias sold out. Sementara pengiriman unit pertamanya akan dilakukan sebelum akhir tahun ini.

Direktur JLR Classic, Tim Hannig mengatakan pihaknya sudah meminjam dua mobil Jaguar XKSS asli untuk di-scan seluruh bagiannya sehingga hasil akhirnya dijamin identik. Produksi tiap unit bakal memakan waktu tiga bulan lantaran seluruh prosesnya dilakukan secara hand made.

Kendaraan yang pada masanya menjadi rival Ferrari 250GT itu dipersenjatai mesin 3.442 cc bertenaga 262 hp dengan torsi 353 Nm. Menurut JLR, mobil Jaguar XKSS mampu melesat hingga 235 km/jam dengan akselerasi 0-100 km/jam dalam 5,8 detik.

 

Tokopedia