TAHUKAH ANDA? : Sandaran Jok Mobil Punya 2 Fungsi Tersembunyi

12 Juni 2016 01:45 WIB Otomotif Share :

Tahukan Anda? Sandaran kepala pada jok mobil memiliki fungsi penting.

Solopos.com, SOLO – Tahukan Anda? Selain sebagai sandaran kepala, komponen headrest pada kursi mobil ternyata memiliki dua fungsi lain yang jauh lebih penting dan erat kaitannya dengan nyawa penumpang.

Marketing Manager PT Robert Bosch, Dedy Ismanto menjelaskan fungsi utama dari headrest sebenarnya untuk mengurangi potensi cedera patah tulang leher pada penumpang ketika mobil mengalami tabrakan dari depan maupun belakang.

Sebab ketika tabrakan terjadi, dipastikan kepala akan terayun ke depan lalu kembali ke belakang. Jika benturan sangat keras, maka ayunan kembali ke belakang itu dapat membuat kepala mendongak ke atas hingga tengkuk patah.

Headrest akan menahan kepala Anda agar tidak terhempas ke belakang sekaligus melindungi kepala dari benda yang terlempar dari arah belakang,” terang Dedy sebagaimana dikutip Solopos.com dari laman Metrotvnews, Sabtu (11/6/2016).

Lebih dari itu, headrest juga berfungsi sebagai penyelamat ketika keadaan darurat. Dikutip dari laman Lifehacks, komponen untuk sandaran kepala itu dapat dilepas dengan menekan tombol kecil yang umumnya terletak di sekitar pangkal headrest.

Setelah lepas barulah terlihat adanya besi cukup panjang yang ujungnya dibuat meruncing. Itu berguna untuk memecahkan kaca mobil apabila terjadi kebakaran atau ketika terjadi kecelakaan dan mobil tergencet sehingga pintu tidak dapat dibuka.

Sementara di Indonesia, komponen headrest sudah menjadi standar pada nyaris semua mobil. Meski begitu tidak semuanya dapat dilepas pasang karena desainnya yang dibuat menyatu dengan jok.

Tokopedia