MOBIL FIAT: Mobil Ini Dikecam Karena Dianggap Lecehkan Wanita

14 Juni 2016 06:45 WIB Otomotif Share :

Mobil Fiat Spider 124 memiliki buku panduan yang dianggap melecehkan wanita.

Solopos.com, BUENOS AIRES – Pabrikan otomotif Italia, Fiat kerap memakai kata-kata lucu pada buku panduan mobilnya, termasuk model sport Spider 124. Tetapi oleh sejumlah kelompok wanita, guyonan itu ternyata dianggap sebagai pelecehan.

Salah satu kecaman terhadap buku panduan mobil Fiat Spider 124 datang dari kelompok aktivis wanita di Argentina. Seperti dilansir laman The Guardian, Minggu (12/6/2016), mereka menyoroti bagian yang menyebut wanita yang ingin mengemudikan mobil tersebut harus memiliki kaki yang jenjang.

Bagian lain yang dianggap melecehkan adalah kalimat berbunyi “untuk pengemudi pria, jika rok perempuanmu terlalu pendek kami sarankan supaya ia duduk di kursi belakang untuk menjaga konsentrasi. Walau tidak memakai rok pendek, sebaiknya dia tetap duduk di belakang karena tangan wanita suka usil.”

“Lelucon itu tidak pada tempatnya. Jika ini strategi penjualan, Fiat harus ingat semua wanita berhak mengemudi, tidak peduli seperti apa kecantikan fisiknya,” ungkap aktivis Silvina Quintans dalam demonstrasi di depan kantor Fiat di Kota Buenos Aires.

Terkait protes dan kecaman tersebut, Fiat Argentina berjanji segera menarik distribusi buku panduan mobil roadster Spider 124 yang berisi konten tidak layak itu. Meski begitu Fiat enggan menyebut kata-kata guyonan yang mereka tulis sebagai pelecehan.