MOBIL HONDA: Lahap 5 Sirkuit, Civic Type R Bungkam VW Golf

17 Juni 2016 02:45 WIB Otomotif Share :

Mobil Honda Civic Type R dijajal di sirkuit lima negara berbeda.

Solopos.com, LONDON – Mobil sport hatchback Honda Civic Type R kembali membuktikan performanya dengan melahap lima sirkuit di benua Eropa. Hasil yang diperoleh seolah ditujukan untuk membungkam rivalnya, VW Golf GTI Clubsport S.

Lima sikuit itu adalah Silverstone di Inggris, Cicuit de Spa-Francorchamp di Belgia, Autodromo Nazionale Monza di Italia, Autodromo do Estoril di Portugal, dan Hungaroring di Hungaria. Seluruhnya ditaklukkan dalam periode 4 April-6 Juni 2016.

Seperti dilansir laman Autoblog, Rabu (15/6/2016), mobil Honda Civic Type R dengan pembalap Matt Neal, 49, sebagai jokinya mencatat waktu dua menit 44,45 detik di Silverstone dengan kondisi trek basah dan dua menit 31,85 detik di lintasan kering.

Tiba di Belgia, kemudi mobil berpenggerak roda depan itu diambil alih oleh Robert Huff, 39, dan waktu yang dicatatkan adalah dua menit 56,91 detik. Berlanjut ke Italia dengan Norbert Michelisz, 31, sebagai pebalapnya waktu yang didapat dua menit 15,16 detik.

Bergeser ke Portugal, Civic Type R sukses menorehkan waktu dua menit 4,08 detik  dengan Bruno Correia, 39, duduk di belakang setir. Di Hungaria, mobil asal Jepang itu kembali dikendalikan Michelisz dan mencatat waktu dua menit 10,85 detik.

Semua catatan waktu itu menjadikan Civic Type R sebagai sport hatchback tercepat di lima sirkuit tersebut. Mobil yang digunakan dalam tur itu adalah unit produksi massal yang ditenagai mesin empat silinder 2.000 cc VTEC turbocharger dengan tenaga 305 hp dan torsi 400 Nm.

Mobil Honda Civic Type R sebenarnya pernah merajai sirkuit Nurburgring Jerman dengan catatan waktu tujuh menit 50 detik pada 2014 lalu. Tetapi rekor itu dipatahkan oleh VW Golf GTI Clubsport S dengan torehan tujuh menit 49,2 detik.

Tokopedia