INDUSTRI OTOMOTIF: Tutup Kerugian, VW Rencana Jual Ducati dan Scania

Logo Volkswagen (Dok - JIBI)
18 Juni 2016 02:45 WIB Otomotif Share :

Industri otomotif VW akan melepas sejumlah merek yang ia naungi.

Solopos.com, WOLFSBURG – Kabar mengejutkan datang dari industri otomotif Volkswagen (VW) Group yang berencana menjual sejumlah merek di bawah naungannya, termasuk Ducati.

Selain Ducati, perusahaan yang bermarkas di Wolfsburg, Jerman itu juga akan menjual merek bus Scania dan merek truk Maschinenfabrik Augsburg-Nurnberg (MAN) sebagaimana dilaporkan laman Autoblog, Kamis (16/6/2016).

Hasil penjualan tiga merek itu akan digunakan untuk menutupi kerugian VW Group akibat skandal emisi gas buang pada 11 juta unit mobil dieselnya.

Selain itu VW juga masih memiliki kewajiban membayar uang ganti rugi kepada konsumen pengguna mobil diesel terdampak skandal yang totalnya mencapai US$18,2 miliar atau sekitar Rp242,6 triliun.

Analis dari lembaga riset investasi Morningstar, Richard Hilgert mengatakan langkah yang diambil VW sangat tepat. Sementara bagi perusahaan lain yang hendak membelinya, tiga merek tersebut juga masih sangat prospektif.

“Pasar kendaraan komersial di Eropa sangat baik dan sedang bertumbuh pesat. Jadi ini momen yang pas untuk menjual Scania dan MAN. Sedangkan Ducati merupakan merek yang sudah melegenda,” ungkap Richard.

Rencana VW menjual sejumlah mereknya bukan kali ini saja. Salah satu rakasasa otomotif terbesar di dunia itu juga pernah berniat menjual MAN serta salah satu dari merek mobil mewah Bentley dan Lamborghini.