MOBIL VW: Agen Volkswagen Ingin Datangkan Mobil Karya Desainer Indonesia

19 Juni 2016 07:00 WIB Otomotif Share :

Mobil VW Up dirancang oleh desainer asli Bandung.

Solopos.com, SOLO – Dari sekian banyak mobil besutan Volkswagen (VW) ternyata ada satu model yang merupakan rancangan orisinal desainer Indonesia. Mobil itu adalah sebuah hatchback bernama VW Up.

Mobil perkotaan itu dirancang oleh Chris Lesmana, pria kelahiran Bandung, Jawa Barat dan saat ini dibekerja di markas VW di Woflsburg, Jerman. Sedangkan VW Up sendiri merupakan produk global dengan basis produksi di Slovakia dan Brasil.

Meski didesain oleh anak bangsa, sangat disayangkan Up tidak dipasarkan di Indonesia. Tetapi menurut PT Garuda Mataram Motor (GMM) selaku agen pemegang merek VW, bukan tidak mungkin mobil mungil itu masuk ke Tanah Air pada waktu mendatang.

“Ada orang kita [Indonesia] di perusahaan besar yang mendesain VW Up. Ya bantu doa saja siapa tahu akan kami usung dan pasarkan mobilnya,” ungkap Jonas Chendana, National Sales Manager GMM sebagaimana dilansir laman Okezone, Sabtu (18/6/2016).

Tetapi jika tetap tidak bisa, Jonas sangat berharap dapat mendatangkan Chris Lesmana ke Tanah Air sebagai ikon VW Indonesia. Selain itu ia juga ingin membuktikan bahwa VW dan Indonesia memiliki kedekatan khusus.

Dikutip Solopos.com dari laman resmi VW Eropa, model Up diproduksi kali pertama di pabrik Slovakia pada Desember 2011 setelah sebelumnya versi konsepnya ditampilkan dalam pameran Frankfurt Motor Show pada 2007 silam.

Urusan dapur pacu, mobil yang juga dipasarkan dengan nama SEAT Mii dan Skoda Citigo itu dibekali mesin bensin 1.000 cc tiga silinder. Baru kemudian pada 2013, Up hadir dengan mesin tenaga listrik dan namanya sedikit berubah menjadi e-Up.

Sedangkan Chris Lesmana, selain merancang Up ia juga pernah terlibat dalam pengembangan desain VW Beetle alias VW Kodok model 2012 yang kala itu peluncurannya dilakukan serentak di Jerman, Amerika Serikat, dan Tiongkok.

Tokopedia