SEPEDA MOTOR TERBARU: Tantang Gesits, 2 Skutik Listrik Viar Andalkan Spesifikasi Ini

22 Juni 2016 00:45 WIB Otomotif Share :

Sepeda motor terbaru Viar mengusung sederet fitur modern.

Solopos.com, JAKARTA – Dua sepeda motor terbaru Viar Pulse dan Viar Q1 resmi diperkenalkan PT Triangle Motorindo sebagai skuter matik (skutik) bertenaga listrik yang rencananya dibanderol di bawah Rp20 juta.

Dihimpun Solopos.com dari laman Detik dan Okezone, Selasa (21/6/2016), sepeda motor terbaru produksi pabrikan asal Ungaran, Semarang, Jawa Tengah itu seluruhnya dibekali mesin listrik garapan Bosch.

Untuk Viar Pulse, skutik listrik bergaya sporty agresif itu tenaga mesinnya mencapai 1.200 Watts. Sedangkan untuk si retro fururistik Viar Q1, mesin yang disematkan mampu menyemburkan tenaga 800 Watts.

Tidak disebutkan kapasitas baterainya, namun jika terisi penuh setelah di-charge selama lima hingga tujuh jam, Viar Q1 dan Pulse dapat menjelajah sejauh 80 kilometer dengan kecepatan maksimum (top speed) 60 km/jam.

“Viar Pulse menggunakan baterai jenis VRLA [valve regulated lead acid] dan Viar Q1 menggunakan baterai lithium-ion yang lebih ringan. Keduanya memiliki maximum speed yang sama,” jelas Frengky Osmond, Marketing Communication Viar ketika dijumpai di Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2016.

Meski mengusung desain berbeda, skutik listrik Viar Pulse dan Q1 sama-sama dilengkapi fitur spidometer digital yang mampu menampilkan informasi kecepatan, jarak tempuh, dan indikator baterai.

Penerangan depan belakang dilengkapi lampu LED. Sedangkan alarm dan keyless start engine menjadi standar keamanan bersama rem cakram di semua roda sebagai fitur keselamatan. Viar juga mengklaim dua skutik listriknya itu mampu digunakan menerjang banjir tanpa perlu takut mesin mogok maupun pengendara tersetrum.

Sama seperti skutik listrik Gesits besutan PT Garansindo dan ITS Surabaya, dua sepeda motor terbaru Viar akan dibanderol di kisaran Rp16 juta-Rp20 juta.

Tetapi untuk memboyong Pulse dan Q1 tidak perlu menunggu hingga tahun depan, sebab penjualan skutik listrik bikinan lokal itu dimulai Desember mendatang dan saat ini Viar sudah membuka keran inden.