SEPEDA MOTOR TERBARU: Viar Pamer 2 Skutik Listrik, Dijual Mulai Desember

22 Juni 2016 01:45 WIB Otomotif Share :

Sepeda motor terbaru Viar diprediksi dipatok di bawah Rp20 juta.

Solopos.com, JAKARTA – PT Triangle Motorindo Viar Indonesia baru saja meluncurkan dua sepeda motor terbaru sekaligus. Seluruhnya merupakan skuter matik (skutik) yang mengandalkan mesin tenaga listrik sebagai dapur pacunya.

Dua sepeda motor itu dalah Viar Q1 dan Viar Pulse. Model Q1 menawarkan desain unik dan minimalis dengan balutan warna perak di sekujur bodinya yang serba membulat. Lampu depan LED berbentuk kapsul juga semakin menguatkan kesan modern.

Sedangkan Viar Pulse, desainnya seperti skutik yang umum dijumpai di Indonesia dengan desain sporty serta bodi yang memiliki banyak sudut lancip. Berbeda dari Q1, dimensi lampu utama Pulse jauh lebih besar dan menganut gaya dual headlamp.

Seperti dilansir laman Liputan6, Selasa (21/6/2016), dua skutik itu mengusung mesin listrik besutan Bosch yang menjanjikan tenaga maksimum 1.200 Watts untuk Pulse dan 800 Watts untuk Q1. Sedangkan top speed yang dapat diraih keduanya adalah 60 km/jam.

“Perbedaan terletak pada penggunaan jenis baterai. Viar Pulse menggunakan baterai VRLA [valve regulated lead acid] dan Viar Q1 menggunakan baterai lithium yang lebih ringan,” terang Frengky Osmond, Marketing Communication Viar di arena Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2016.

Dengan baterai terisi penuh setelah di-charge sekitar lima hingga tujuh jam, dua skutik yang diklaim tahan banjir itu dapat dibawa berlari sejauh 80 km. Frengky menambahkan Pulse dan Q1 tidak perlu melakukan servis berkala kecuali untuk penggantian komponen seperti kampas rem, ban, dan aki.

Dilaporkan laman Okezone, sepeda motor terbaru Viar Q1 dan Viar Pulse baru akan dijual Desember mendatang. Belum ada informasi seputar harganya, namun diprediksi tidak sampai Rp20 juta sehingga ada kemungkinan head to head dengan skutik listrik Gesits besutan Garansindo dan ITS Surabaya.

Tokopedia