INOVASI OTOMOTIF: Di Motor TVS, Pindah Gigi Cukup Pencet Tombol

22 Juni 2016 02:10 WIB Otomotif Share :

Inovasi otomotif terbaru akan dibenamkan pada sepeda motor TVS.

Solopos.com, NEW DELHI – TVS Motor India resmi mendapatkan hak paten atas inovasi otomotif terbarunya, yakni membuat sistem transmisi baru yang lebih ringkas untuk sepeda motor sport.

Seperti dilansir laman Drivespark, Senin (20/6/2016), inovasi otomotif terbaru TVS itu diberi nama Semi-automated Manual Transmission (SMT). Transmisi itu membuat pengendara tidak perlu lagi menekan tuas kopling dan persneling untuk mengoper gigi.

Sebagai gantinya, pengendara cukup memencet tombol +/- yang terdapat pada setang sebelah kiri. Nantinya perpindahan gigi akan diatur secara elektronik dan terhubung melalui aktuator.

TVS mengklaim temuan terbarunya itu dapat mencegah kecelakaan yang kerap terjadi karena tuas kopling tidak terlepas sempurna maupun tuas terlepas tiba-tiba. Selain itu, penggunaan transmisi SMT juga dapat menghemat bahan bakar hingga lima persen.

Tetapi tidak bisa dipungkiri, segala keunggulan dan kemudahan pada transmisi SMT harus dibayar dengan harga jual produk yang menjadi lebih mahal lantaran biaya pengembangan dan produksi yang tidak sedikit.

Meski begitu TVS sejauh ini belum mengumumkan kapan inovasi otomotif itu digunakan. Banyak prediksi menyebut SMT bakal menjadi transmisi opsional pada versi produksi massal dari sepeda motor TVS Akula berbasis BMW G310R.

Sistem transmisi serupa SMT sebenarnya sudah digunakan terlebih dahulu oleh Honda dengan nama dual clutch seperti pada model NM4 Vultus dan VFR 1200. Tetapi menurut TVS, milik Honda jauh lebih kompleks ketimbang sistem baru temuannya.

Tokopedia