MOBIL HONDA: City Punya Versi Hatchback, Tapi Bukan Jazz

23 Juni 2016 06:10 WIB Otomotif Share :

Mobil Honda City versi hatchback diperkenalkan di Tiongkok.

Solopos.com, BEIJING – Mobil Honda City sejatinya merupakan sedan yang tercipta dari proses memanjangkan buritan hatchback Jazz. Tetapi Honda kini juga membuat versi hatchback sendiri dari City dan bentuknya berbeda jauh dari Jazz.

Seperti dilansir laman Autohome, Rabu (22/6/2016), hatchback berbasis mobil Honda City itu akan dipasarkan dengan nama Gienia. Proses produksinya dikerjakan di pabrik Dongfeng-Honda Joint Venture (JV) di Kota Wuhan, Tiongkok.

Dari foto spyshot yang dilansir laman berbahasa mandarin tersebut, terlihat mobil lima pintu itu mengusung desain yang jauh lebih sporty ketimbang City atau yang di Negeri Tirai Bambu dikenal sebagai Honda Griez.

Grille bergaya solid wing yang menyatu dengan lampu utama masih dipertahankan namun bagian tengahnya kini dibuat lebih lebar dengan bilah-bilah hitam, lis chrome di bagian bawah, dan moncong bumper yang melengkung ke depan.

Lebih detail pada lampu utama, Honda sudah menanamkan proyektor sehingga menguatkan kesan modern sekaligus agresif. Seperti halnya sebuah hatchback, Gienia juga tidak memiliki bagasi luar karena buntutnya sudah dipangkas.

Meski begitu pemangkasannya tidak dibuat rata, disisakan sedikit tonjolan yang membuatnya sekilas seperti Honda Civic versi sportback. Desain lampu belakang bergaya bumerang juga terlihat cantik karena dibuat menyambung.

Secara dimensi mobil Honda Gienia memiliki panjang 4.517 mm, lebar 1.705 mm, tinggi 1.477 mm, dan wheelbase 2.600 mm. Di bawah kap terdapat sumber tenaga berupa mesin bensin 1.500 cc I-VTEC 128,6 hp dengan torsi 155 Nm. Sedangkan pilihan transmisinya adalah manual lima percepatan dan otomatis CVT.