TIPS OTOMOTIF: Mudik Pakai Motor, Wajib Cek Dahulu Komponen Ini

24 Juni 2016 13:45 WIB Otomotif Share :

Tips otomotif kali ini tentang pengecekan sepeda motor untuk mudik.

Solopos.com, JAKARTA – Sebelum melakukan perjalanan mudik Lebaran menggunakan sepeda motor, ada beberapa bagian yang wajib dicek termasuk komponen penggerak roda. Lebih jelasnya simak tips otomotif berikut ini.

Menurut Yosi dari bengkel Bengbrand Bekasi, Jawa Barat, komponen vital sepeda motor yang wajib diperiksa sebelum mudik adalah rantai. Jika rantai putus ketika perjalanan, hal itu dapat memicu kecelakaan sebab motor akan berhenti mendadak.

Tips pertama adalah melakukan pembersihan dengan cara membongkar rantai dan gir kemudian merendamnya dengan bensin atau air sabun. Selanjutnya lakukan pelumasan pada komponen tersebut supaya performanya selalu prima selama berkendara.

“Apalagi pada waktu musim hujan, harus ekstra perawatan. Karena air hujan dan cipratan kotoran cenderung memperpendek usia pakai rantai dan gir motor,” terang Yosi sebagaimana dilansir laman Metrotvnews, Kamis (23/6/2016).

Tips kedua periksa kekenduran rantai. Apabila sudah disetel sampai mentok namun rantai tetap kendur sebaiknya segera ganti dengan yang baru dan orisinal. Bisa juga dengan memotong rantai, namun untuk perjalanan jauh Yosi tidak merekomendasikan cara itu.

Sementara untuk sepeda motor jenis skuter matik (skutik), komponen yang wajib diperhatikan adalah sabuk v-belt CVT.

GM Service and Motorsport PT Yamaha Indonesia (YIMM), M Abidin mengatakan v-belt hanya memiliki usia pakai 25.000 kilometer. Tetapi sebelum mencapai batas itu, komponen tersebut tetap wajib diganti apabila kondisinya sudah parah.

“Kadang orang enggak sadar sudah 19.000 kilometer, skutiknya tetap dipakai jarak jauh, mudik misalnya. Tahunya pas balik lagi sudah lewat jaraknya. Terus putus di jalan, repot. Makanya ini harus diperhitungkan juga,” ungkap Abidin seperti dikutip Solopos.com dari laman Okezone.

Tips untuk mengecek v-belt bisa dengan melihat kondisi fisiknya. Apabila terdapat retak-retak, terutama pada sambungan gerigi itu menandakan v-belt harus diganti. Tanda lain komponen itu wajib diganti adalah apabila geriginya sudah meruncing.