TIPS OTOMOTIF : Ganti Ban Mobil Sebelum Mudik, Utamakan Belakang

Ilustrasi ganti ban mobil. (Ebay.co.uk)
30 Juni 2016 05:30 WIB Otomotif Share :

Tips otomotif kali ini tentang penggantian ban mobil.

Solopos.com, JAKARTA – Kondisi ban yang prima adalah syarat penting mobil untuk mudik. Tetapi bagaimana jika keempat ban sudah hampir aus namun dana yang dimiliki hanya cukup untuk membeli dua ban? Lebih jelasnya simak tips otomotif berikut ini.

Direktur Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana menjelaskan apabila ada pemilik mobil yang mengalami kondisi seperti itu, tipsnya adalah pasang dua ban baru tersebut untuk roda belakang.

Itu karena roda belakang tidak bisa bermanuver seperti roda depan, sehingga bagian tersebut membutuhkan karet ban dengan kondisi paling baik untuk menjaga traksi atau daya cengkramnya ke aspal tetap maksimal.

“Banyak orang berpikir karena takut pecah maka ban yang lebih baru dipasang di depan, tapi anggapan itu tidak benar,” ungkap Sony sebagaimana dikutip Solopos.com dari laman Metrotvnews, Rabu (29/6/2016).

Sementara roda depan meski menggunakan ban yang kurang prima dengan tingkat keausan hingga 80 persen, kemungkinannya untuk pecah sangat kecil asalkan tekanan udara di dalamnya sesuai standar atau tidak kempis ketika membawa muatan.
“Memang kalau ban depan pecah saat mobil melaju lebih susah dikontrol. Tetapi selama ban tidak kekurangan angin, maka jauh dari kemungkinan pecah ban,” imbuh Sony.

Sebaliknya, meski ban baru yang kondisinya paling bagus dipasang pada roda depan namun apabila tekanan anginnya kurang, risikonya mengalami pecah ban justru sangat tinggi. Tetapi alangkah lebih baik apabila ban di keempat roda dalam kondisi prima.

 

Tokopedia