SEPEDA MOTOR NASIONAL: Skutik Gesits Mulai Uji Coba Baterai Waterproof

30 Juni 2016 12:30 WIB Otomotif Share :

Sepeda motor nasional Gesits masih dalam tahap pengembangan oleh Garansindo.

Solopos.com, JAKARTA – PT Garansindo dibantu ITS Surabaya terus mengembangkan sepeda motor Gesits. Kini skuter matik (skutik) bertenaga listrik itu sudah sampai pada tahap pengujian ketahanan (durability), termasuk untuk baterainya.

CEO Garansindo, Muhammad Al Abdullah mengatakan baterai skutik made in lokal itu didesain tahan air alias waterproof sehingga tetap aman ketika melibas banjir. Untuk itu salah satu pengujiannya adalah dengan cara merendam baterai Gesits di dalam air.

“Baterai kami waterproof, lagi dites direndam itu baterai. Jadi baterainya itu dimasukin ke air. Bukan cuma masalah nyetrum atau enggak. Motor biasa juga pakai aki enggak nyetrum, tapi masalahnya baterainya mati atau enggak,” ungkap Abdullah seperti dilansir laman Detik, Rabu (29/6/2016).

Masih di sektor baterai, meski komponen utamanya masih didatangkan dari luar negeri, Abdullah menjelaskan ada komponen pendukung yang sedang diteliti supaya dapat dikerjakan di dalam negeri. Riset tersebut juga mencakup masalah kemasan baterai dan proses daur ulangnya.

Untuk itu Garansindo kini juga menggandeng dua universitas lain di luar ITS Surabaya, meski begitu nama keduanya masih dirahasiakan.

“Kami akan dorong dua universitas ini untuk mempercepat risetnya agar teknologi ini bisa digunakan oleh Gesits,” papar Abdullah sebagaimana dikutip Solopos.com dari laman Metrotvnews.

Ia menambahkan, baterai sepeda motor nasional Gesits memiliki kapasitas 5.000 Wh dan dapat menjelajah hingga 100 kilometer. Sementara pengisiannya dapat dilakukan di rumah dengan durasi 1,5 jam hingga empat jam.

Tokopedia