TIPS OTOMOTIF : Mudik Pakai Motor Bawa Muatan Banyak, Ikuti Tips Ini!

Tips membawa barang menggunaan motor. (Liputan6.com)
30 Juni 2016 20:45 WIB Otomotif Share :

Tips otomotif kali ini tentang cara membawa barang di sepeda motor dengan aman.

Solopos.com, SOLO – Bagi yang hendak mudik Lebaran menggunakan sepeda motor dan membawa banyak muatan, sebaiknya perhatikan tips otomotif berikut ini supaya tetap aman selama perjalanan.

Tips pertama, sebagaimana dihimpun Solopos.com dari laman Welovehonda dan Liputan6, Kamis (30/6/2016), bawa barang bawaan secukupnya saja dan letakkan di jok belakang. Pastikan tinggi tumpukan tidak melebihi pundak dan bobotnya tidak melampaui batas maksimum kemampuan motor.

Tips kedua apabila Anda berboncengan, barang bawaan dapat diletakkan di depan yaitu di sela antara setang dan jok apabila menggunakan motor bebek dan skuter matik (skutik) atau di atas tangki apabila menggunakan motor sport.

Meski begitu, lebar barang bawaan yang diletakkan di depan tidak boleh melebihi lebar setang dan tingginya jangan sampai menghalangi pandangan. Selain itu pastikan setang tetap dapat bermanuver dengan baik.

Tips terakhir, ikat barang bawaan dengan kuat. Perhatikan pula posisinya jangan sampai menghalangi sorot lampu utama, lampu rem, maupun lampu sein depan belakang.