TIPS OTOMOTIF: Bahaya Mobil Kelebihan Muatan, Ban Bisa Jadi Begini

01 Juli 2016 13:30 WIB Otomotif Share :

Tips otomotif kali ini tentang bahaya ban mobil kelebihan muatan.

Solopos.com, JAKARTA – Mudik menggunakan mobil sebaiknya tidak membawa muatan yang beratnya melebihi batas. Sebab hal itu dapat merusak kaki-kaki mobil, termasuk ban. Lebih jelasnya simak tips otomotif berikut ini.

Proving Ground Managet PT Bridgestone Tire Indonesia, Zulpata Zaenal menjelaskan setidaknya ada dua akibat buruk pada ban apabila mobil dipaksa membawa muatan dengan beban berlebih.

“Sekeliling dinding samping ban jadi rusak. Biasanya pada sekeliling samping ban ada garis, tepatnya garis kelelahan [fatigue] akibat defleksi ban yang berlebihan. Pada skala parah sekali, dinding bagian ban tersebut bisa sobek,” terang Zulpata seperti dikutip Solopos.com dari laman Liputan6, Kamis (30/6/2016).

Akibat kedua, beban muatan berlebih juga membuat pengendalian dan stabilitas ban menjadi berkurang. “Ban akan terasa letoy, pengendalian tidak akurat lagi, responnya juga lambat. Ini akan terasa ketika dipakai bermanuver,” imbuhnya.

Untuk itu Zulpata menyarankan supaya pemudik tidak membawa beban yang berlebihan. Terlebih apabila mobil yang digunakan berukuran kecil sekelas hatchback maupun LCGC, sebaiknya tidak perlu sampai menambah roofrack.

Tokopedia