TIPS OTOMOTIF: Pembonceng Wajib Perhatikan Ini Selama Mudik

01 Juli 2016 11:30 WIB Otomotif Share :

Tips otomotif kali ini tentang safety riding untuk pembonceng motor.

Solopos.com, SOLO – Selain oleh pengendara motor, teknik safety riding juga perlu diterapkan oleh pembonceng untuk memperkecil kemungkinan celaka selama perjalanan mudik Lebaran. Lebih jelasnya simak terus tips otomotif berikut ini.

Dikutip Solopos.com dari laman Welovehonda, Kamis (30/6/2016), tips pertama yang harus diperhatikan adalah pembonceng wajib memijakkan kaki pada footstep selama perjalanan. Itu berguna untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Tips kedua sama halnya dengan pengendara, pembonceng juga wajib mengenakan helm berstandar SNI. Pastikan ukurannya sesuai dengan lingkar kepala dan kancing talinya terpasang dengan benar yang ditandai dengan bunyi klik.

Akan lebih baik apabila pembonceng juga mengenakan jaket lengan panjang, sarung tangan, celana panjang, dan sepatu setinggi mata kaki. Selain menambah faktor safety, perlengkapan itu juga dapat melindungi tubuh dari sinar matahari dan udara dingin.

Tips ketiga, pembonceng diwajibkan selalu berpegangan dengan erat pada tubuh pengendara. Usakan tidak membuat gerakan yang tiba-tiba karena hal itu berpotensi mengganggu konsentrasi pengendara. Jangan pula bermain gadget atau semacamnya selama perjalanan.

Tokopedia