MOBIL BMW: Racik Mobil Autopilot, BMW Gandeng Intel dan Mobileye

04 Juli 2016 09:45 WIB Otomotif Share :

Mobil BMW dengan kemampuan autopilot diperkenalkan 2021.

Solopos.com, ZURICH – Pabrikan mobil asal Jerman, BMW mengumumkan kerja samanya dengan perusahaan teknologi Intel dan Mobileye dalam rangka menciptakan kendaraaan masa depan dengan kemampuan berjalan tanpa sopir atau yang populer disebut autopilot.

Seperti dilansir laman Theverge, Jumat (1/7/2016), Intel bertugas menciptakan prosesor sebagai otak mobil autopilot BMW. Sedangkan Mobileye, perusahaan asal Israel itu akan menggarap sistem untuk mengatur kinerja seluruh sensor pintar dan kamera.

Tidak disebutkan secara detail seperti apa sistem autopilot besutan tiga perusahaan itu. Tetapi dikatakan bahwa teknologi itu menitikberatkan pada aspek keselamatan di jalan raya baik untuk penumpang maupun pengguna jalan lainnya.

Salah satunya adalah sistem cruise control canggih yang dapat beroperasi otomatis mengandalkan kamera, sensor, dan prosesor sehingga memungkinkan mobil melakukan pengereman, berbelok, mempercepat atau memperlambat laju tergantung kondisi lalu lintas.

“Mobil autopilot dengan semua kecanggihan yang dimiliki sangat mampu diandalkan untuk menghindari kecelakaan dan memberikan navigasi terbaik,” ungkap Chief Executive Intel, Brian Krzanich dalam siaran resminya.

Sistem autopilot itu dijadwalkan rampung dan siap digunakan pada 2021. Selain untuk mobil BMW, tidak menutup kemungkinan sistem tersebut juga akan dibenamkan pada deretean hatchback mungil Mini Cooper dan mobil mewah Rolls Royce.