TIPS OTOMOTIF : Begini Trik Jitu Mengerem di Jalan Menurun

07 Juli 2016 02:45 WIB Redaksi Solopos Otomotif Share :

Tips otomotif kali ini membagikan cara terbaik melakukan pengereman di jalanan menurun.

Solopos.com, SOLO – Menyetir mobil tidak sebatas menginjak pedal gas, rem, kopling, dan memindahkan tuas transmisi. Medan jalan yang beragam menuntut si pengendara harus mengetahui teknik mengemudi yang benar, salah satunya saat dihadapkan jalan menurun.

Tidak sedikit pengendara yang salah melakukan teknik pengereman di medan seperti ini. Untuk memperlambat laju mobil biasanya pengendara hanya menginjak rem.

Menurut Dadi Hendriadi, head of aftersales business development division PT Toyota Astra Motor (TAM), cara pengereman yang benar selain menginjak pedal, ada baiknya pengendara juga melakukan perpindahan transmisi.

"Jangan hanya pakai rem, seharusnya dibantu dengan engine brake, caranya pindah ke gigi yang rendah itu membantu memperlambat laju mobil," katanya  .

Apabila hanya mengandalkan pedal rem maka lama-kelamaan rem akan cepat rusak. Itu pula yang bisa menyebabkan rem blong.

"Rem itu bisa panas. Rem itu punya bidang gesek, kalau terus-menerus bergesekan maka kampas rem bisa habis itu yang pertama. Kedua rem itu diteruskan ke minyak rem kalau panasnya berlebih maka temperatur minyak rem akan tinggi. Di minyak rem ada titik didih, kalau mendidih maka efeknya rem blong, itu sebutnya vapourlock," terang Dadi.

Cara tersebut berlaku untuk mobil dengan transmisi manual. Sementara itu untuk mobil bertransmisi otomatis caranya hampir sama. "Kalau matik pindah dari D, kedua, ketiga," pungkas Dadi.