TIPS OTOMOTIF: Rampung Mudik, Periksa Bagian Mobil Ini!

12 Juli 2016 14:10 WIB Otomotif Share :

Tips otomotif kali ini tentang perawatan untuk mobil setelah mudik.

Solopos.com, JAKARTA –  Setelah menempuh perjalanan jauh dan macet, tentunya mobil memerlukan perawatan supaya performanya kembali seperti semula. Apa saja bagian yang perlu diperiksa? Lebih jelasnya simak tips otomotif berikut ini!

Head of Aftersales Business Development PT Toyota Astra Motor (TAM), Dadi Hendriadi memberi tips supaya mobil yang selesai menunaikan mudik diperiksa secara menyeluruh, terutama pada bagian ban.

“Sebaiknya periksa mobil ke bengkel kalau memang diperlukan. Tapi yang jelas periksa kondisi ban karena saat di jalan mobil melewati medan jalan yang beragam,” terang Dadi sebagaimana dikutip Solopos.com dari laman Okezone, Senin (11/7/2016).

Selain ban, Dadi juga menyarankan pemilik mobil untuk memeriksa kondisi pelek dan keseluruhan roda. Bila perlu lakukan spooring dan balancing ulang untuk memastikan kondisi kaki-kaki mobil kembali prima.

“Lebih baik lagi spooring balancing karena kalau sudah jalan di luar kota banyak lubang dan lainnya. Nah itu kondisi roda bisa geser,” imbuhnya.

Sementara dilansir laman Metrotvnews, tips perawatan pada mobil pascamudik adalah tune up ringan meliputi pengecekan klep, sistem pengapian, filter udara, filter bensin, throttle body, serta kapasitas cairan dan oli pada komponen mobil.

“Servis tune up sudah cukup. Mungkin kalau ada tambahan itu perbaikan dan penggantian pada spare part yang sudah tidak layak atau kerusakan akibat usia pakai,” papar Mislam, mekanik di bengkel Speed Shop Bekasi.

 

Tokopedia