TIPS OTOMOTIF: Sabuk Pengaman Bau Apek? Bersihkan Pakai Cara Ini

12 Juli 2016 12:45 WIB Otomotif Share :

Tips otomotif kali ini tentang cara membersihkan cara sabuk pengaman mobil.

Solopos.com, SOLO –  Selain di jok mobil, noda serta bau tidak sedap juga bisa muncul pada sabuk pengaman akibat keringat yang terserap oleh kainnya. Untuk mengetahui cara membersihkannya, simak terus tips otomotif berikut ini.

Membersihkan sabuk pengaman mobil terbilang mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Dikutip Solopos.com dari laman Autoblog, Senin (11/7/2016), bahan dan alat yang perlu disiapkan adalah penjepit kertas, kain lap, sikat gigi, air, dan cuka dapur.

Hal yang perlu dilakukan pertama adalah tarik sabuk pengaman hingga seluruh bagiannya keluar dari gulungan. Selanjutnya pasang penjepit kertas di bagian pangkalnya, itu berguna untuk menahan sabuk supaya tidak tergulung kembali.

Langkah kedua, campurkan air hangat dengan cairan pembersih khusus kain dalam sebuah wadah. Jika tidak memiliki pembersih khusus tersebut, Anda dapat menggantinya dengan cairan cuka dapur.

Selanjutnya oleskan campuran tersebut secara merata ke sabuk pengaman menggunakan kain lap. Gosok agak keras untuk untuk menghilangkan noda membandel. Apabila tidak hilang juga, baru gunakan sikat gigi.

Tetapi perlu diingat, ikuti arah serat benangnya ketika menyikat sabuk pengaman. Sebab apabila menyikat dengan gerakan memutar, itu bisa merusak jalinan benangnya dan membuat kekuatan sabuk pengaman berkurang.

Setelah bersih, keringkan dengan cara diangin-anginkan atau bisa juga menggunakan bantuan hair dryer. Tips terakhir sebelum melepas penjepit kertas, pastikan sabuk pengaman dalam kondisi kering. Sebab apabila tergulung dalam kondisi lembab, itu justru akan memunculkan jamur.

Tokopedia