TIPS OTOMOTIF: Begini Cara Atasi Bercak Aspal di Bodi Tanpa Tergores

17 Juli 2016 02:00 WIB Otomotif Share :

Tips otomotif kali ini tentang cara membersihkan noda pada bodi mobil.

Solopos.com, BOGOR – Ketika melintasi jalan baru, tidak jarang material aspal terkelupas dan menempel menjadi bercak di bodi mobil. Untuk membersihkannya jangan asal, ikuti tips otomotif berikut ini supaya cat mobil tidak tergores.

Erwin Santoso dari bengkel spesialis cat dan bodi mobil Rafet Auto Bogor, Jawa Barat mengatakan bercak aspal yang mengeras dapat dihilangkan dengan mudah menggunakan cairan bensin.

“Untuk menghilangkan bekas aspal di bodi mobil bagian bawah bisa pakai bensin. Kalau kami biasanya pakai Pertamax,” ungkap Erwin sebagaimana dikutip Solopos.com dari laman Liputan6, Jumat (15/7/2016).

Caranya, cukup lumuri bagian yang ingin dibersihkan dari bercak aspal menggunakan bensin. Selanjutnya gunakan kain halus untuk menggosok bagian tersebut hingga bersih. Setelahnya aspal akan hilang namun cat menjadi agak kusam.

Untuk mengilapkan kembali bagian tersebut, Erwin menyarankan untuk menggunakan kompon. Cara yang benar adalah sikat bagian yang kusam tadi dengan ampelas halus grit 2.000-2.500 baru kemudian oleskan kompon dan gosok-gosok hingga cat kembali mengilap.