TIPS OTOMOTIF : Semprotan Air Wiper Mobil Mati? Periksa 3 Bagian Ini

Wiper mobil (Autointhebox.com)
18 Juli 2016 23:10 WIB Otomotif Share :

Tips otomotif untuk mengatasi air wiper yang tidak berfungsi.

Solopos.com, JAKARTA – Karena jarang digunakan, tidak sedikit pemilik mobil melupakan perawatan pada semprotan air untuk wiper hingga akhrinya kering dan macet. Jika sudah seperti itu, ikuti tips otomotif berikut ini untuk mengatasinya.

Technical Support Auto2000, Agus Mustafa menjelaskan semprotan wiper merupakan bagian kecil dari perangkat keselamatan berkendara ketika kondisi hujan. Jika komponen tersebut macet, langkah pertama buka kap mesin dan periksa selang wiper.

Pastikan sudah terpasang dengan benar dan tidak terdapat kebocoran. Langkah kedua periksa motor wiper. Apabila kondisinya normal dan mampu memompa air, akan terasa getaran pada bagian tersebut ketika semprotan wiper dihidupkan.

Setelah memeriksa selang, motor wiper, dan memastikan air mengalir, langkah ketiga periksa lubang nozzle pada penyemprot. Bersihkan debu yang menyumbat dengan cara menusuknya menggunakan jarum.

“Kalau langkah satu, dua, tiga sudah dipastikan [tapi semprotan air wiper tetap macet], kemungkinan kerusakan pada fuse wiper, switch wiper, dan motor wiper. Itu tugas mekanik bengkel untuk memeriksanya,” demikian tips otomotif dari Mustafa sebagaimana dikutip Solopos.com dari laman Liputan6, Senin (18/7/2016).

 

Tokopedia