MOBIL TOYOTA: Calya Masuk Kelas LCGC, Seberapa Irit BBM-nya?

23 Juli 2016 23:10 WIB Otomotif Share :

Mobil Toyota Calya diprediksi lebih irit dari Etios Valco.

Solopos.com, SOLO – Mobil Toyota Calya akan lahir di Indonesia membawa mesin warisan Etios Valco. Lantas berapa kira-kira konsumsi bahan bakar minyak (BBM) pada LCGC 7-seater terbaru itu?

Berdasarkan catatan Solopos.com ketika pameran otomotif IIMS 2013 silam, PT Toyota Astra Motor (TAM) menyebut mesin 1.200 cc Etios Valco yang bertenaga 80 hp dengan torsi 104 Nm mengonsumsi BBM 16,8 km/liter di jalan tol.

Tetapi perlu diingat, pada Toyota Calya mesin tersebut sudah ditambahkan dengan teknologi Dual VVT-I dan tenaganya naik menjadi 88 hp dengan torsi 107 Nm. Ketika digunakan perdana pada Grand New Avanza, TAM mengklaim Dual VVT-I membuat kinerja mesin lebih efisien sehingga lebih irit BBM.

Selain itu dikutip dari laman Kemenperin.go.id, Jumat (22/7/2016), salah satu ketentuan mobil dapat dikategorikan sebagai LCGC dan mendapat keringanan pajak adalah wajib memiliki tingkat konsumsi BBM sekurang-kurangnya 20 km/liter.

Ketentuan lainnya adalah mobil LCGC wajib memiliki spesifikasi mesin yang hanya dapat “menenggak” bahan bakar minimum dengan kadar research octane number (RON) 92 atau setara Pertamax.

Melihat fakta tersebut, tidak menutup kemungkinan mobil Toyota Calya yang akan dijual antara Rp129 juta hingga Rp149 juta on the road Jakarta memiliki konsumsi BBM di kisaran 20-21 km/liter seperti rivalnya, Datsun Go+.

Tokopedia