TIPS OTOMOTIF: Ini Manfaat Pakai Kick Starter Saat Nyalakan Motor

23 Juli 2016 20:10 WIB Otomotif Share :

TIPS Tips otomotif kali ini tentang manfaat kick starter.

Solopos.com, SOLO – Semenjak adanya fitur starter elektrik, penggunaan starter engkol alias kick starter seolah ditinggalkan. Padahal menghidupkan sepeda motor menggunakan tenaga kaki sangat besar manfaatnya. Lebih jelasnya simak tips otomotif berikut ini.

Pemilik bengkel Raja Motor, Ajung mengatakan bahwa menghidupkan motor menggunakan kick starter meski membutuhkan lebih banyak tenaga, hal itu membantu aki lebih panjang umur dan cenderung tidak berisik.

Caranya, pastikan kunci kontak dalam posisi off. Engkol kick starter menggunakan kaki dua atau tiga kali. Selanjutnya putar kunci ke posisi on dan pencet tombol starter elektrik. Mesin motor akan langsung hidup dengan sekali pencet.

“Cara itu lebih bagus. Agar dalamnya [mesin] panas dulu, kalau sudah panas gampang hidup. Kalau posisi kunci langsung on langsung pencet kadang susah hidup,” ungkap Ajung sebagaimana dikutip Solopos.com dari laman Liputan6, Kamis (21/7/2016).

Ia menambahkan, menyalakan mesin menggunakan kick starter juga membantu komponen mesin terlumasi oli sebelum digunakan. Sebab ketika mesin mati dalam waktu semalam saja, oli akan mengendap. Apabila langsung dihidupkan, mesin akan aus.

Sementara untuk motor yang tidak dilengkapi kick starter, seperti Yamaha R15, penggunaan starter elektrik secara terus menerus tidak menjadi masalah asalkan mesin dipanaskan setiap hari dan pemilik selalu memantau kondisi aki.

“Pernah ada konsumen yang punya R15 akinya mati setelah sebulan enggak dihidupkan. Tau kan motor itu memang dari sananya tidak pakai kick starter. Untuk motor jenis ini memang harus dipanaskan setiap hari,” jelas Ajung.

 

Tokopedia