TIPS OTOMOTIF: Wiper Mobil Berdecit, Begini Cara Mengatasinya

24 Juli 2016 06:00 WIB Otomotif Share :

otomotif untuk mengatasi masalah wiper berdecit ketika dinyalakan.

Solopos.com, SOLO – Tugas utama wiper mobil adalah menyapu air di kaca saat hujan. Tetapi ketika dinyalakan sering kali malah terdengar suara berdecit yang mengganggu telinga. Nah, untuk mengatasinya simak terus tips otomotif berikut ini.

Mekanik Mirza Autocare Jakarta, Andre menjelaskan suara berdecit ketika wiper dinyalakan biasanya muncul karena kondisi karet penyapu air sudah keras, rusak, atau usianya sudah melebihi batas pakai.

“Kondisi karet wiper yang sudah tidak baik membuat tingkat kelenturannya tidak maksimal saat bekerja menyapu air hujan pada kaca. Gesekan antara karet dan kaca itulah yang menimbulkan bunyi berdecit,” papar Andre sebagaimana dilansir laman Okezone, Rabu (20/7/2016).

Adanya debu atau kotoran yang berkerak pada ujung karet juga bisa menimbulkan suara berdecit. Sedangkan faktor lainnya, lanjut Andre, biasanya karena tangkai wiper bengkok. Selain menimbulkan suara mengganggu, hal itu juga membuat performa wiper menyapu air menjadi kurang maksimal.

Dikutip Solopos.com dari laman Wikihow, untuk mengatasi masalah wiper berdecit pertama-tama bisa dengan membersihkan atau memoles kaca mobil. Langkah kedua, periksa kelenturan karet penyapunya. Apabila sudah keras dan ujungnya tidak lagi melengkung ketika menyapu kaca, sebaiknya diganti.

Tips untuk menjaga kelenturan karet wiper, jangan biarkan komponen tersebut menempel pada kaca di bawah terik matahari. Jika terlanjur keras, dapat diolesi dengan bensin supaya lentur kembali. Tetapi jangan berlebihan sebab itu dapat mengikis karet.

Langkah ketiga, periksa keseluruhan tangkai wiper. Seiring waktu pemakaian, tangkai akan berubah bentuk. Apabila bentuknya tidak lagi mengikuti lengkungan kaca depan, itu menandakan sudah waktunya untuk diganti.