MODIFIKASI MOBIL : Upgrade Diameter Pelek LCGC, Berapa Batasnya?

Upgrade pelek LCGC Datsun Go. (Kaskus.co.id)
25 Juli 2016 07:30 WIB Otomotif Share :

Modifikasi mobil kali ini tentang meningkatkan ukuran pelek LCGC.

Solopos.com, SOLO – Tidak seperti mobil umumnya, LCGC hadir dengan pelek berukuran kecil. Sehingga bagian itulah yang menjadi sasaran modifikasi pertama, yakni ditingkatkan (upgrade) ukurannya. Tetapi adakah batas ukuran untuk pelek LCGC?

Besar kecilnya ukuran pelek sebenarnya selera pribadi. Tetapi menurut karyawan Forza Velg Jakarta, Tarno, diameter maksimal yang ideal untuk pelek LCGC adalah 16-17 inci. Lebih dari itu biasanya kolong roda mentok.

Seandainya bisa masuk pun mobil menjadi tidak nyaman dikendarai. Kecuali empunya mobil memang melakukan modifikasi upgrade pelek untuk mengejar fashion sedangkan kenyamanan menjadi urusan nomor sekian.

“Kami selalu anjurkan naiknya maksimal tiga inci, dari 14 inci menjadi 17 inci. Khusus Datsun Go dari standarnya 13 inci bisa naik sampai 16 inci karena bawaannya memang kecil,” jelas Tarno sebagaiman dilansir laman Liputan6, Sabtu (23/7/2016).

Sementara dikutip Solopos.com dari Komunitas Datsun Go di forum Kaskus, diameter ideal untuk pelek mobil yang dijual di bawah bendera PT Nissan Motor Indonesia (NMI) itu adalah 15 inci dengan lebar tapak sekitar 6,5 inci.

“Ukuran velg jelas R15, lebar aman 6,5-7 inch. Offset ideal 38-42 rata bodi. Ukuran bannya paling enak bisa kyk standarnya Livina/Jazz 175/185-65 R15 atau standarnya Yaris 185-60 R15,” tulis akun Berbuatjujur.

Ia menambahkan, selain lebih nyaman pelek 15 inci juga membuat ground clearance Datsun Go naik sekitar empat sentimeter. Sedangkan kekurangannya adalah konsumsi bahan bakar minyak (BBM) menjadi lebih boros meski tidak signifikan.