TIPS OTOMOTIF: Knalpot Keluar Asap Putih, Indikasi Mesin Rusak!

29 Juli 2016 14:10 WIB Otomotif Share :

Tips otomotif tak seperti asap hitam, asap putih menandakan motor ada kerusakan.

Solopos.com, SOLO – Motor 4-tak dalam kondisi sehat seharusnya tidak mengepulkan asap pada knalpotnya. Asap itu sendiri ada dua macam, yakni warna hitam dan putih. Lebih jelas tentang perbedaan dan penyebabnya simak terus tips otomotif berikut ini.

Pemilik bengkel Pemula Matic Depok, Reno Anggra menjelaskan asap hitam maupun putih menandakan adanya masalah pada mesin sepeda motor. Tetapi khusus asap putih, itu bararti kerusakan yang terjadi cukup parah dan harus segera diatasi.

“Lebih bahaya asap putih. Itu sebetulnya oli yang terbakar di ruang bakar. Kalau hitam hanya kotor saja,” ungkap Anggra Reno di Depok, Jawa Barat sebagaimana dikutip Solopos.com dari laman Liputan6, Kamis (28/7/2016).

Lebih detail, asap hitam yang keluar dari knalpot disebabkan oleh timbunan kerak di ruang. Umumnya apabila keluar asap hitam, motor akan terasa brebet atau tersendat-sendat ketika digunakan untuk berjalan.

Sementara asap putih, penyebabnya tidak lain adalah oli yang merembes ke ruang bakar. Rembesnya oli menandakan pada dinding ruang piston terdapat celah. “Piston selalu bergesekan sehingga baret. Itu jadi celah oli bisa masuk,” imbuhnya.

Celakanya, ketika asap putih muncul justru motor tidak terasa brebet sehingga banyak pengguna motor mengabaikannya. Padahal jika dibiarkan, tidak sampai sepekan oli akan mengering dan komponen lain juga ikut rusak sehingga harus turun mesin.

 

Tokopedia