PENJUALAN MOBIL : Toyota Melempem, Tahta Sementara Diduduki VW

Ilustrasi mobil Toyota dan VW. (Autoexpress.co.uk)
29 Juli 2016 23:10 WIB Otomotif Share :

Penjualan mobil Toyota kembali dilampaui Volkswagen.

Solopos.com, SOLO – Setelah empat tahun berturut-turut bertengger di puncak, Toyota Motor Corp untuk kali pertamanya harus puas turun tahta ke posisi kedua karena penjualan mobilnya secara global pada periode Januari-Juni 2016 melempem.

Turunnya performa penjualan Toyota itu membuat pabrikan asal Jerman, Volkswagen (VW) menduduki posisi puncak untuk sementara. Prestasi itu cukup mengagetkan mengingat citra VW sedang anjlok setelah skandal dieselgate-nya terbongkar.

Seperti dilansir laman Fortune, Jumat (29/7/2016), Toyota hanya menjual 4.992.000 unit mobil sepanjang paruh pertama 2016 atau turun 0,6 persen dari 5.021.000 unit yang diperoleh pada  periode yang sama tahun lalu. Angka itu sudah termasuk mobil yang dijual dengan merek Lexus dan Daihatsu.

Sedangkan VW mengklaim berhasil mencatatkan penjualan mobil sebanyak 5.116.000 unit atau naik 1,5 persen dari periode Januari-Juni 2015.

Toyota dalam siaran resminya mengatakan penurunan itu dipengaruhi oleh penjualan mobil sedan Prius hybrid di Amerika Serikat yang tersendat lantaran popularitasnya tergusur oleh segmen mini truck yang tengah naik daun.

Faktor lain yang membuat rakasasa otomotif Jepang itu mengalami penurunan penjualan mobil adalah proses produksi di pabriknya yang sempat terhenti hingga beberapa hari lantaran pabrik pemasok komponennya rusak akibat gempa pada awal tahun ini.