MOBIL TESLA: VW Combi Jadi Inspirasi Tesla Ciptakan MPV Listrik

02 Agustus 2016 12:10 WIB Otomotif Share :

Mobil Tesla segmen MPV dibangun dari sasis Model X.

Solopos.com, KALIFORNIA – Setelah meluncurkan dua sedan dan satu SUV, pabrikan mobil listrik asal Amerika Serikat, Tesla Motors mengatakan produk mereka berikutnya adalah minibus atau MPV.

CEO Tesla, Elon Musk menjelaskan produk tersebut akan dibangun menggunakan sasis Model X dan proyek tersebut sudah tercatat rapi dalam Master Plan Part Deux. Ia juga terang-terangan menyebut MPV itu terinspirasi mobil legendaris VW Combi.

“Minibus Tesla akan kami bangun menggunakan sasis Model X. Inspirasinya adalah VW Combi, namun kami membuatnya lebih modern dan mampu memuat penumpang lebih banyak,” ungkap Musk sebagaimana dilansir laman Jalopnik, Senin (1/8/2016).

Sama seperti mobil-mobil lain besutan Tesla, MPV listrik itu juga akan dibekali sistem autopilot sehingga dapat berjalan sendiri meski tanpa sopir. Versi prototipenya diperkirakan rampung dikerjakan dan dapat dipamerkan pada 2017 mendatang.

Sementara VW Combi, versi modernnya sudah dikembangkan oleh Volkwagen Group sejak tiga tahun lalu. Prototipenya sudah berkali-kali dipamerkan dengan nama VW Budd-e dan sama-sama dipersenjatai mesin bertenaga listrik.

Tetapi menurut laman Fortune, Budd-e terkesan hanya sebagai proyek main-main untuk menunjukkan kebolehan dan kemajuan teknologi VW. Sementara mobil MPV listrik Tesla lebih realistis dan diprediksi bisa masuk ke dapur produksi massal lebih cepat.