SEPEDA MOTOR NASIONAL: Pengujian Gesits Rampung 2017, Ada 10 Prototipe Baru

Prototipe skutik Gesits buatan ITS Surabaya. (Okezone.com)
04 Agustus 2016 14:10 WIB Otomotif Share :

Sepeda motor nasional Gesits makin mendekati tahap produksi massal.

Solopos.com, SURABAYA – Sepeda motor nasional Gesits semakin mendekati tahap produksi massal. Tim riset Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya saat ini sudah memiliki 10 unit prototipe yang siap diuji.

Project Leader Development Gesits, Grangsang Setia Ramadhani menjelaskan 10 unit prototipe skuter matik (skutik) itu merupakan hasil pengembangan terbaru. Seluruhnya akan digunakan dalam pengujian mulai akhir 2016 hingga pertengahan 2017.

“Ada 10 unit yang akan disediakan untuk pengujian. Prototipe 10 unit ini baru, kami buat lagi. Berbeda dari yang kami launching itu,” ungkap Grangsang sebagaimana dikutip Solopos.com dari laman Okezone, Rabu (3/8/2016).

Selain diuji di lingkungan kampus ITS, lanjut Grangsang, skutik bertenaga listrik itu juga akan dijajal ke beberapa lokasi lain untuk mengetahui performa dan daya tahan mesin serta komponen-komponen lainnnya.

“Untuk pengujian skala laboratorium masih kami lakukan di dalam kampus. Nanti juga ada pengunjian di lapangan, tim sedang mencari lokasi-lokasi yang layak untuk pengujian skuter listrik Gesits ini,” imbuhnya.

Skutik Gesits merupakan hasil kerja sama ITS dengan PT Garansindo. Seluruh komponen yang digunakan adalah buatan lokal, termasuk baterainya yang dibuat oleh Univesitas Sebelas Maret (UNS) Solo dan Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogja. Sepeda motor nasional itu direncanakan masuk tahap produksi massal tahun depan.