TIPS OTOMOTIF: Baca Kondisi Mesin Lewat Busi, Begini Caranya

04 Agustus 2016 12:35 WIB Otomotif Share :

Tips otomotif busi dapat digunakan untuk membaca kondisi mesin motor.

Solopos.com, SOLO – Selain berfungsi sebagai komponen pengapian, busi pada sepeda motor juga dapat digunakan untuk membaca kondisi kesehatan mesin. Seperti apa caranya? Simak terus tips otomotif berikut ini.

Ketika dilepas dari tempatnya, pangkal busi umumnya kotor dan berwarna hitam atau cokelat. Tetapi ada juga busi yang cenderung bersih. Nah, warna pada pangkal busi itulah yang dapat digunakan sebagai patokan membaca kondisi kesehatan mesin motor.

“Kalau hitamnya kering, itu biasanya bensin terlalu boros. Sementara kalau hitamnya sudah campur oli, kemungkinan seher dan sil klepnya sudah bocor,” papar Reki Suhendra, mekanik bengkel L12 Sawangan di Depok, Jawa Barat seperti dilansir laman Liputan6, Rabu (3/8/2016).

Sebaliknya, busi yang cenderung bersih menandakan campuran udara di ruang bakar terlalu banyak ketimbang besin. Sedangkan jika mesin dalam kondisi normal, maka pangkal busi akan berwarna cokelat atau merah bata.

“Cokelat ini warna yang ideal. Artinya antara udara dan bahan bakar tercampur dalam komposisi yang pas,” imbuh Reki.

Tetapi perlu dicatat, cara itu hanya berguna pada sepeda motor yang masin menggunakan sistem karburator. Sementara untuk motor injeksi tidak berlaku sebab asupan udara dan bensin sudah diatur secara elektronik oleh electronic control unit (ECU).