SEPEDA MOTOR BMW: BMW Juga Punya Scrambler, Ikut-Ikut Ducati?

05 Agustus 2016 13:35 WIB Otomotif Share :

Sepeda motor BMW R Nine T Scrambler sapa Indonesia bulan ini.

Solopos.com, SOLO – Pemegang merek BMW Motorrad di Indonesia, PT Maxindo Moto akan merilis motor gede (moge) terbaru R Nine T Scrambler. Meski sama-sama memiliki nama scrambler, dipastikan bentuknya berbeda produk Ducati.

Untuk konsumen yang masih awam, CEO Maxindo Moto, Joe Frans menjelaskan Scrambler bukanlah merek melainkan jenis sepeda motor seperti halnya bebek, skuter matik (skutik), sport fairing, maupun naked sport.

“Scrambler itu salah satu jenis varian motor, bukan brand. Jadi merek manapun bisa memakainya,” ungkap Joe seperti dilansir laman Otorider, Kamis (4/8/2016).

Joe menambahkan, scrambler dikembangkan kali pertama di Inggris pada 1920. Ciri khasnya terdapat pada desainnya yang sederhana, lampu utama membulat, ground clearance tinggi, knalpot mepet dengan jok, dan penggunaan ban dual purpose.

Kala itu, scrambler populer di kalangan anak muda karena selain cepat, motor itu juga dinilai serbaguna dan dapat diandalkan di jalanan semua medan. Saking populernya, nama itu juga banyak dipakai pada motor besutan Triumph, Boneville, hingga Suzuki.

Sementara R Nine T Scrambler, seperti dikutip Solopos.com dari laman Bmw-motorrad.com, moge asal Jerman itu dibekali mesin Boxer DOHC 1.170 cc bertenaga 110 hp/7.750 rpm dan torsi 116 Nm/6.000 rpm dengan pendingin air/oil cooled.

Di Indonesia, sepeda motor BMW R Nine T Scrambler akan diluncurkan dalam pameran GIIAS 2016 pada 11 Agustus mendatang. Kabarnya motor itu akan dibanderol setara harga satu unit Pajero Sport Dakar 4x4, yakni sekitar Rp620 jutaan.

Tokopedia