SEPEDA MOTOR NASIONAL : Lusa, Skutik Gesits Dijajal Presiden Jokowi di Solo

Skutik listrik Gesits. (Okezone.com)
08 Agustus 2016 21:10 WIB Otomotif Share :

Sepeda motor nasional Gesits akan dipamerkan di Ritech Expo 2016 Solo.

Solopos.com, SOLO – Sepeda motor nasional Gesits akan dipamerkan dalam Research Innovation Technologi (Ritech) Expo 2016 di Kota Solo, Jawa Tengah. Kabarnya skuter matik (skutik) bertenaga listrik itu akan dijajal oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal itu disampaikan langsung oleh Muhammad Al Abdullah selaku CEO PT Garansindo Inter Global, pihak yang menggarap skutik Gesits bersama Institut Negeri Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

“Rencana Presiden yang akan mencoba Gesits telah disampaikan kepada kami. Kami berharap kesempatan itu bisa dimanfaatkan pemerintah untuk melihat potensi anak-anak bangsa dalam industrialisasi kendaraan listrik,” ungkap Abdullah seperti dikutip Solopos.com dari laman Dapurpacu, Senin (8/8/2016).

Ia menambahkan, di pameran Ritech Expo 2016 Garansindo juga akan melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Universitas Sebelas Maret (UNS) dan Universitas Gadjah Mada (UGM) dalam rangka pembuatan baterai untuk Gesits.

“UNS dan UGM memiliki kemampuan masing-masing dalam rancang bangun teknologi kelistrikan. Bersama UNS kami berharap bisa menciptakan baterai lithium. Sementara UGM bisa memaksimalkan pemgembangan teknologi daur ulang baterai lithium yang telah mereka miliki,” tutur pria yang akrab disapa Memet itu.

Sementara Ritech Expo 2016, seperti dilansir laman Ristekdikti.go.id, pameran tersebut akan digelar di GOR Manahan Solo, 10-13 Agustus 2016. Selain sepeda motor nasional Gesits, dalam pameran itu akan ditampilkan pula Panser Anoa Pindad, simulator pesawat N-219, mock up satelit Lapan A3, dan banyak hasil inovasi teknologi lainnya.