BBM BARU : Pertamina Luncurkan Pertamax Turbo, Rp8.700 Per Liter

Peluncuran Pertamax Turbo di GIIAS 2016. (Twitter.com Ptpertamina)
15 Agustus 2016 21:45 WIB Otomotif Share :

BBM baru Pertamax Turbo memiliki kualitas lebih baik dari Pertamax Plus.

Solopos.com, JAKARTA – PT Pertamina resmi meluncurkan bahan bakar minyak (BBM) jenis baru bernama Pertamax Turbo di arena pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016.

Menurut Pertamina, BBM yang di posisikan di atas Pertamax Plus namun masih di bawah Pertamax Racing itu dihadirkan sebagai pilihan ekonomis bagi para pemilik mobil sport, mobil super (supercar), dan motor gede berkompresi tinggi di Tanah Air.

“Banyak yang merasa pakai Pertamax Plus masih kurang, namun beli Pertamax Racing kemahalan. Jadi inilah jawabannya,” ungkap Direktur Pemasaran Pertamina, Ahmad Bambang di GIIAS seperti dilansir laman Otodriver, Minggu (14/8/2016).

Sementara Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto menjelaskan Pertamax Turbo memiliki angka oktan (research octan number/RON) 98 sehingga cocok untuk kendaraan berteknologi Gasoline Direct Injection, Turbocharger, maupun Supercharger.

Selama uji pasar, Pertamax Turbo akan dijual dengan harga Rp8.700/liter. Tetapi untuk sekarang BBM baru itu hanya tersedia di delapan SPBU COCO di Jakarta. Diharapkan sampai akhir tahun ini bisa tersebar di 500 SPBU di seluruh Indonesia.

“Uji pasar ini akan kami anjutkan ke beberapa SPBU di Jabodetabek dan diharapkan Pertamax Turbo bisa tersebar di 500 SPBU di seluruh Indonesia. Kami harap ini mendapat respon positif seperti Pertalite dan Dexlite,” papar Dwi sebagaimana dikutip Solopos.com dari laman Okezone.

Untuk diketahui, Pertamax Turbo merupakan hasil produksi kilang Pertamina Refinery Unit VI Balongan di Indramayu, Jawa Barat. Akan tetapi pengembangannya dilakukan bersama pabrikan supercar Italia, Lamborghini.

Sebelum dipasarkan di Indonesia, BBM baru tersebut sudah terlebih dahulu dipasarkan di benua Eropa dan digunakan dalam kejuaraan Event Race Lamborghini Supertrofeo European Series pada 29 Juli 2016 lalu.

 

Tokopedia