SEPEDA MOTOR YAMAHA : Ini Skutik Yamaha yang Bisa Mati Otomatis Seperti Vario

Yamaha Janus 125. (Yamaha/motor.com.vn)
16 Agustus 2016 17:00 WIB Otomotif Share :

Sepeda motor Yamaha usung fitur mirip idling stop system Honda.

Solopos.com, HANOI – Yamaha memperkenalkan sepeda motor skuter matik (skutik) baru bernama Janus 125. Skutik itu menjadi produk pertama Yamaha yang berfitur mati otomatis seperti idling stop system (ISS) pada Honda Vario.
Pabrikan berlambang garpu tala itu menyebut fitur mati otomatis pada sepeda motor Yamaha Janus 125 dengan istilah stop start system (SSS) dan menulisnya dengan jelas di setang bagian kanan dekat pangkal tangkai kaca spion.

Seperti dilansir laman Autodaily, Selasa (16/8/2016), cara kerja SSS Yamaha bisa dibilang mirip ISS Honda, yakni apabila mesin menyala namun kendaraan tidak berjalan (idle) lebih dari lima detik maka sistem akan mematikan mesin secara otomatis.

Mesin akan menyala lagi apabila pengendara menarik tuas gas. Meski sama-sama diklaim membuat konsumsi bahan bakar lebih irit, SSS dan ISS memiliki struktur yang berbeda. Tidak menutup kemungkinan SSS juga diterapkan pada skutik Yamaha di Indonesia.

Sementara Yamaha Janus 125 sendiri merupakan skutik yang desainnya mengadopsi Piaggio Liberty. Sama seperti pendahulunya, Nozza Grande dan Acruzo, Janus juga dibekali mesin 125 cc blue core, mengisi segmen premium, dan akan dipasarkan di bursa motor Vietnam untuk menyasar kaum wanita usia 20-an ke atas.

Sepeda motor Yamaha Janus 125 ditawarkan dalam varian Standard, Deluxe, dan Premium dengan perbedaan pada pilihan warna. Akan tetapi harganya dipukul rata, yakni 27,49 juta dong atau sekitar Rp16,2 jutaan.

 

Tokopedia