SEPEDA MOTOR YAMAHA : Pengamat: R15 Terbaru Usung Knalpot Lebih Pendek

Yamaha YZF/R15. (Topgear.com)
18 Agustus 2016 20:45 WIB Otomotif Share :

Sepeda motor Yamaha R15 generasi terbaru mulai digodok YIMM.

Solopos.com, SOLO – Sepeda motor Yamaha YZF-R15 generasi terbaru sudah tercium pergerakannya di dapur riset dan pengembangan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Berdasarkan bocoran informasi yang diperoleh, pengamat otomotif Iwan Banaran mengatakan YIMM mengerjakan proyek Yamaha R15 terbaru dengan kode BK6. Satu hal yang dipastikan berubah adalah bentuk knalpot menjadi lebih pendek.

“Ukuran knalpot cenderung lebih pendek dibandingkan dengan knalpot sekarang. Selain itu selentingannya diameter pipa exhaust malah lebih besar. Lebih kurangnya mirip Byson FI,” ungkap Iwan seperti dikutip Solopos.com dari laman Iwanbanaran.com, Kamis (18/8/2016).

Iwan menambahkan, knalpot pendek lazimnya menghasilkan torsi lebih besar namun dengan konsekuensi kecepatan maksimum (top speed) lebih rendah. Sehingga untuk mempertahankan karakter motor sport, tentu harus ada perubahan pada mesin.

Sebelumnya, pengamat otomotif Taufik Hidayat juga memberi bocoran bahwa generasi terbaru dari sepeda motor sport fairing bermesin 150 cc itu memiliki muka lebih sempit dengan lampu utama dual headlamp LED.

Ia juga memprediksi sepeda motor Yamaha rival Honda CBR150R itu masuk ke dapur produksi pada kuartal pertama 2017. Sedangkan untuk peluncurannya, kemungkinannya terbuka dilakukan akhir tahun ini.