GIIAS 2016 : Mobil Esemka Belum Bisa Mejeng, Ini Alasannya

20 Agustus 2016 19:50 WIB Otomotif Share :

GIIAS 2016 tidak terlihat adanya sosok mobil Esemka.

Solopos.com, TANGERANG – Mobil Esemka direncanakan meluncur pada Agustus 2016. Tetapi kabar itu belum ada kelanjutannya dan unitnya pun tidak terlihat hadir di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016.

Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi mengaku pihaknya sudah mengundang PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH) bahkan telah menyiapkan stan khusus supaya mobil Esemka dapat dilihat oleh para pengunjung GIIAS 2016.

“Tapi yang bersangkutan mengundurkan diri. Jadi kami undang, kami berikan tempat khusus. Saya kasih harganya juga berbeda dengan yang lain, sudah saya siapkan, mereka bilang kali ini tidak dapat berpartisipasi,” ungkap Nangoi seperti dilansir laman Detik, Sabtu (20/8/2016).

Tidak bisa hadirnya mobil Esemka di GIIAS 2016 sebenarnya sudah dikonfirmasi sejak Juni lalu. Dilaporkan laman Ototaiment, Managing Director PT ACEH, Hosea Sanjaya mengatakan mobil Esemka baru akan aktif mengukuti pameran mulai tahun depan.
Selain karena jadwal GIIAS 2016 dinilai terlalu mepet, Hosea juga menjelaskan unit mobil Esemka belum siap lantaran produksinya di pabrik Cileungsi, Bogor, Jawa Barat baru akan dimulai akhir Agustus 2016.

Sementara menurut Direktur Jenderal Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian (Kemenperin), I Gusti Putu Suryawirawan PT ACEH sudah final dalam kesiapan untuk memulai produksi mobil.

“Dari kesiapan industrinya dan kami melihat sudah siap. Tapi saya enggak tahu kalau mereka sudah lakukan pengujian atau belum, itu menyangkut hubungan mereka ke Perhubungan, lab uji kan bukan di kami,” tutur Putu di ICE BSD City, Tangerang Selatan, Banten tempat pamern GIIAS 2016 dihelat.