TIPS OTOMOTIF : Mobil Jarang Pakai Perlu Perawatan Khusus, Begini Caranya

Ilustrasi mobil terparkir dalam waktu lama. (Dailymail.co.uk)
23 Agustus 2016 05:30 WIB Otomotif Share :

Tips otomotif kali ini tentang merawat mobil yang jarang digunakan.

Solopos.com, SOLO – Karena alasan kesibukan atau ingin terhindar dari kemacetan, tidak sedikit pengendara yang memilih transportasi lain dan hanya menggunakan mobil pribadinya sepekan sekali atau bahkan sebulan sekali.

Tetapi meski jarang dipakai bukan berarti mobil tersebut bebas dari perawatan. Justru sebaliknya, mobil yang lebih sering menganggur di garasi justru memerlukan perawatan khusus. Lebih jelasnya simak tips otomotif berikut ini:

1. Perhatikan Kebersihan
Tips pertama, seperti dihimpun Solopos.com dari laman Daihatsu.co.id, Senin (22/8/2016), sebelum menyelimuti mobil dengan kain sebaiknya cuci dahulu bagian luarnya supaya catnya tidak kusam akibat kotoran menempel terlalu lama.

Sedangkan interiornya cukup bersihkan menggunakan penyedot debu dan cek apakah ada sampah yang tertinggal atau tidak supaya mobil Anda tidak menjadi sarang semut.

2. Cek Oli Mesin
Sebelum meninggalkan mobil di garasi untuk waktu lama, cek dahulu oli mesinnya. Sebab dengan oli yang penuh dan kualitasnya masih baik maka kondisi mesin juga akan terawat dan membuat mobil selalu siap digunakan sewaktu-waktu ketika diperlukan.

3. Penuhi Tangki BBM
Tangki yang tidak terisi penuh menyebabkan adanya ruang udara yang tersisa. Jika terdapat ruang udara, maka bahan bakar minyak (BBM) di tangki akan mengembun ketika malam hari dan embun tersebut akan mencair pada siang hari.

Dalam jangka panjang, proses tersebut dapat menurunkan kualitas BBM itu sendiri. Bahkan jika terlalu parah hal itu bisa mengganggu kinerja mesin dan menyebabkan tangki berkerak hingga bocor.

4. Amankan Kelistrikan
Sebelum meninggalkan mobil dalam waktu lama jangan lupa cabut kabel aki. Selain untuk menghindari korsleting, itu juga berguna supaya aki tetap panjang umur. Lepaskan dahulu kabel di kutub negatif baru kemudian kabel di kutub positif. Lakukan sebaliknya ketika memasangnya kembali.

5. Parkir di Tempat Datar

Tips terakhir usahakan mobil terparkir di lokasi yang datar. Jika garasi atau lokasi parkir kurang datar, Anda bisa menyiasatinya dengan mengganjal ban. Jangan gunakan rem tangan karena penggunaan terlalu lama bisa membuat kampasnya lengket dan pernya kehilangan elastisitas.

 

Tokopedia