INOVASI OTOMOTIF : Honda Racik Transmisi Baru, 11 Percepatan 3 Kopling

24 Agustus 2016 15:45 WIB Otomotif Share :

Inovasi otomotif transmisi baru sudah diuji pada mobil Honda.

Solopos.com, TOKYO – Honda sempat menyiapkan transmisi mobil 10 percepatan namun proyek inovasi otomotif itu batal. Masih belum menyerah, kali ini pabrikan asal Jepang itu kembali lagi dengan ide lebih gila, yakni transmisi 11 percepatan.

Tidak seperti proyek sebelumnya, transmisi mobil 11 percepatan disinyalir bisa sampai ke fase produksi. Sebab seperti dilansir laman Autoblog, Selasa (23/8/2016), Honda telah mendaftarkan cetak biru inovasi otomotif terbarunya itu ke badan paten di Negeri Sakura.

Lebih gilanya lagi, dalam paten tersebut dijelaskan bahwa transmisi 11 percepatan itu dipadukan dengan sistem three clutch alias tiga kopling.

Ketika dikonfirmasi, juru bicara Honda mengatakan jumlah transmisi sangat banyak itu bertujuan untuk membuat konsumsi bahan bakar mobil lebih efisien namun tanpa mengurangi tenaga yang dihasilkan mesin.

Sistem three clutch juga demikian, bisa menekan konsumsi bahan bakar dengan cara mengurangi putaran bawah dan mempercepat peningkatan tenaga di putaran atas.

Selain itu three clutch juga membuat perpindahan transmisi lebih cepat dan lebih halus ketimbang sistem dual clutch yang digunakan saat ini. Honda mengklaim mobil sama sekali tidak akan mengalami hentakan saat perpindahan gigi.

Kendati telah melakukan serangkaian pengujian dan patennya pun sudah didaftarkan, Honda mengaku belum bisa memastikan kapan inovasi otomotif berupa transmisi 11 percepatan dengan three clutch itu akan dipasang pada mobil produksi massal.

Tokopedia