INOVASI OTOMOTIF : BMW Siapkan Sasis Serat Karbon untuk Moge

Paten sasis serat karbon BMW Motorrad. (Motorcyclenews.com)
24 Agustus 2016 17:45 WIB Otomotif Share :

Inovasi otomotif sasis serat karbon membuat bobot motor lebih ringan.

Solopos.com, MUNICH – Di saat para pabrikan sepeda motor berlomba-lomba mengembangkan sasis aluminium, BMW Motorrad justru memilih melakukan inovasi otomotif dengan menciptakan sasis berbahan serat karbon.

Seperti dilansir Motorcyclenews, Rabu (24/8/2016), sejauh ini sudah ada dua sasis berbahan serat karbon yang diciptakan BMW Motorrad. Pertama jenis beam frame yang digunakan untuk motor gede (moge) tipe sport seperti S1000RR.

Sedangkan sasis kedua berbentuk teralis tabung berongga yang cocok digunakan pada moge tipe adventure, cruiser, maupun model dengan kapasitas mesin di bawah 1.000 cc.

Menurut BMW, inovasi otomotif sasis serat karbon dapat mengurangi bobot sepeda motor secara keseluruhan hingga 40 persen. Sedangkan dari segi kekuatan dan kekokohan, bahan tersebut jauh lebih baik ketimbang aluminium.

Sebagai informasi, BMW merupakan pelopor dalam penggunaan bahan serat karbon pada kerandaan produksi massal. Awalnya material tersebut digunakan dalam pembuatan mobil hybrid BMW I8 dan I3.

Dengan mulai diterapkannya inovasi otomotif tersebut pada sepeda motor, itu menandakan BMW sudah menemukan racikan yang pas untuk membuat bahan serat karbon dengan ongkos rendah namun tanpa mengurangi kualitas.

 

Tokopedia