SEPEDA MOTOR KAWASAKI: Moge ER6N Dijiplak Kymco, Begini Bentuknya

25 Agustus 2016 13:45 WIB Otomotif Share :

Sepeda motor Kawasaki ER6N dibangun ulang oleh Kymco.

Solopos.com, TAIPEI – Sepeda motor gede (moge) naked sport Kawasaki ER6N segera hadir versi jiplakannya. Belum diketahui namanya, namun yang jelas produk tersebut dibuat oleh pabrikan otomotif asal Taiwan, Kymco.

Seperti dilansir laman Motorcycle, Rabu (24/8/2016), Kymco sudah mendaftarkan desain final sepeda motor Kawasaki ER6N versinya itu ke kantor badan paten European Union Intellectual Property Office (EUIPO).

Pada desain tersebut bisa dilihat kemiripan produk Kymco dengan saudara Kawasaki Ninja 650 itu terdapat pada rem cakram depan, blok mesin, pipa knalpot, suspensi belakang monoshock, dan lengan ayun (swing arm) yang menyatu dengan footstep.

Meski banyak bagian yang serupa, Kymco tetap memberikan beberapa perbedaan seperti pada desain bodi, lampu, tangki, dan jok yang dibuat lebih agresif. Selain itu ER6N asli menggunakan sasis dual frame sedangkan milik Kymco memakai sasis teralis.

Tetapi sebelum menuduh Kymco plagiat, perlu dicatat bahwa penjiplakan ER6N itu adalah legal dan sepengetahuan Kawasaki. Sebab dua pabrikan otomotif beda negara itu memang sudah lama menjalin kerja sama dan saling berbagi basis kendaraan.

Sebelumnya, Kawasaki juga telah meluncurkan ATV Brute Force 300 serta skuter matik (skutik) bongsor J125 dan J300. Tiga produk itu sebenarnya dibangun Kawasaki menggunakan basis milik Kymco.

Tokopedia