SEPEDA MOTOR HONDA: Ini Senjata Honda Hadapi Kawasaki H2R

25 Agustus 2016 14:45 WIB Otomotif Share :

Sepeda motor Honda akan hadir dengan mesin supercharger.

Solopos.com, LONDON – Sepeda motor tercepat sejagad Kawasaki Ninja H2R segera punya penantang seimbang yang sama-sama mengusung mesin berteknologi supercharger. Penantang tersebut saat ini sedang disiapkan oleh Honda.

Seperti dilansir laman Morebikes, Selasa (23/8/2016), Honda diketahui telah mendaftarkan paten desain sepeda motor masa depannya ke badan paten European Union Intellectual Property Office.

Dalam paten dijelaskan bahwa motor garapan perusahaan berlambang sayap mengepak itu menggendong mesin dengan tambahan perangkat supercharger pada sisi kiri.

Sebagai informasi, supercharger secara sederhana merupakan kompresor yang bertugas memompa udara lebih banyak ke ruang bakar. Tujuannya supaya letupan pembakaran lebih besar sehingga dapat meningkatkan tenaga mesin secara signifikan.

Honda lewat paten tersebut juga menyebutkan bahwa mesin supercharger-nya akan hadir dalam pilihan kapasitas 600 cc, 800 cc, dan 1.000 cc atau lebih apabila memungkinkan.

Sayangnya untuk urusan desain, sepeda motor Honda calon penantang Kawasaki H2R itu masih sangat abstrak. Terlihat tangki, setang, suspensi depan, dan peleknya sangat sederhana. Penyempurnaannya diprediksi dilakukan tahun depan.

Selain Honda, Suzuki juga diketahui telah menyiapkan sepeda motor dengan mesin supercharger. Kapasitasnya memang hanya 600 cc namun milik Suzuki jauh lebih matang karena prototipenya sudah jadi dan telah beberapa kali dipamerkan.