TIPS OTOMOTIF: Cek Kondisi Motor Injeksi, Lihat ke Lampu Pintar Ini

26 Agustus 2016 10:33 WIB Otomotif Share :

Tips otomotif kali ini tentang fungsi kedipan lampu MIL di spidometer.

Solopos.com, JAKARTA – Semua sepeda motor injeksi pasti dilengkapi lampu pintar bernama malfunction indicator lamp (MIL) yang berguna untuk mengetahui sehat atau tidaknya kondisi mesin. Lebih jelasnya simak tips otomotif berikut ini.

Apabila motor injeksi sehat, ketika kunci diputar ke posisi on maka MIL yang memiliki warna kuning dan terletak di area spidometer akan menyala sebentar kemudian padam lagi. Sedangkan jika terdeteksi ada masalah, MIL akan berkedip beberapa kali.

“Begitu lampunya [MIL] berkedip, langsung bawa saja ke bengkel. Itu tandanya ada kerusakan. Jumlah kedipan menandakan adanya kerusakan tertentu di motor. Semua kedipan ada sandinya,” papar Wedijanto Widarso, GM Technical Service PT Astra Honda Motor (AHM) seperti dilansir laman Okezone, Kamis (25/8/2016).

Ia mencontohkan, apabila MIL berkedip hingga 12 kali setelah kunci diputar on itu berarti terdapat kerusakan pada bagian injektor bahan bakar. Umumnya itu disebabkan karena penggunaan bahan bakar dengan kualitas buruk.

“Pemilik motor pakai bensin sembarangan atau pakai bensin campur yang beli di pinggir jalan yang enggak tahu kualitasnya. Akibatnya injektor bisa cepat rusak,” imbuhnya.

Untuk itu Wedijanto menyarankan supaya ketika hendak menyalakan motor injeksi, para pemilik sebaiknya memperhatikan dahulu tanda MIL. Setelah memastikan MIL tidak berkedip, barulah boleh motor distarter.

Tokopedia